by

Covid-19, Rumpun Batak Bersatu Tanjungpinang Berbagi Sembako

Tanjungpinang, Libassnews.com – Organisasi Rumpun Batak Bersatu (RBB) Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, mengadakan kegiatan berbagi sembako kepada anggota yang terdampak Covid-19. Di bawah kepemimpinan Sanggam Simamora, SE, MM, organisasi masyarakat ini memberikan bantuan sebanyak 700 paket sembako, Sabtu (2/04/2020).

Untuk mengantisipasi kerumunan massa, pembagian sembako dilakukan menggunakan kupon, melalui bantuan ketua-ketua komisariat se-Tanjungpinang. Ada sebanyak 28 ketua komisariat dan 5 perwakilan dari puak Batak yang menerima bantuan. Kegiatan ini dilakukan secara simbolis di pelataran swalayan Pinang Kencana, Batu 11.

Sanggam Simamora mengatakan kegiatan ini merupakan wujud kepedulian organisasi kepada anggota yang terdampak Covid-19. Dia berharap bantuan ini sedikitnya bisa meringankan beban para anggota.

“Kita mengalami masa sulit di tengah bencana Covid-19, yang dampaknya sangat dirasakan banyak orang. Itu sebabnya kami terpanggil untuk berbagi kepada anggota. Semoga ini bermanfaat bagi anggota yang menerima,” jelas pria kelahiran Dolok Sanggul, Humbahas, Sumut ini.

Sanggam juga berharap wabah ini cepat berlalu, sehingga masyarakat bisa melakukan aktivitas seperti semula. “Semoga Tuhan tetap menyertai kita dalam melewati masa-masa sulit ini,” terang pria yang kini menjabat sebagai Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam ini.

Sementara ketua panitia kegiatan dr Anthoni Simatupang mengatakan 700 paket bantuan masing-masing berisi beras, minyak goreng, gula, telur dan mie instan. Yang berhak menerima, katanya, telah didata terlebih dahulu. Panitia bekerja sama dengan ketua komisariat se-Tanjungpinang untuk menyeleksi anggota agar paket yang dibagikan benar-benar tepat sasaran.

Pembagian sembako juga mempertimbangkan azas proporsionalitas, di mana yang menerima paket sembako tersebut representasi dari lima puak yang tergabung dalam wadah organisasi RBB. Mereka yakni puak Toba, puak Mandailing, puak Simalungun, puak Karo dan puak Pakpak.

“Ke-lima puak dalam wadah organisasi RBB sudah kami akomodir secara proporsional. Itu berdasarkan kesepakan dari perwakilan puak-puak ,” tambah dr Anthoni, yang sehari-hari bertugas di Rumah Sakit Raja Ahmad Thabib (RSU Provinsi), Tanjungpinang.

Usai menerima paket bantuan, Santo Lubis, salah seorang Ketua Komisariat daerah Bintan Center, Tanjungpinang Timur, mengapresiasi kegiatan ini. Dia menilai di tengah kondisi anggota organisasi mengalami kesulitan, ternyata masih ada yang peduli untuk membantu.

“Niat beliau sungguh mulia, ini patut kita hargai. Sebagai warga Batak, saya sangat bangga atas kepedulian ketua RBB membuat kegiatan seperti ini,” kata Santo Lubis.

Ia berharap kegiatan bakti sosial seperti ini bisa menjadi inspirasi bagi warga Batak lainnya yamg ada di Tanjungpinang, sehingga tergerak hatinya untuk ikut membantu sesama.

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini akan diikuti oleh warga Batak lainnya, yang ekonominya lebih mapan. Bentuk kegiatannya bisa berbagi sembako juga, atau bisa juga dibuat dengan konsep berbeda. Intinya, mereka mau berbagi kepada sesama anggota RBB yang pantas untuk dibantu,” sebut Santo Lubis.

Loading...

Comment

Berita Terkait: