by

DPR Dorong Percepatan Proyek Pelabuhan Ujung Jabung Dan Pembangunan Infrastruktur di Jambi

Jakarta, Libassnews.com – Anggota Komisi V DPR RI Hasan Basri Agus berharap, beberapa program infrastruktur pemerintah seperti pelabuhan, jalan, proyek strategis lainnya yang ada di Jambi segera dapat terealisasi. Karena saat ini masyarakat Jambi sudah sangat membutuhkan infrastruktur tersebut sebagai akses kegiatan masyarakat.

“Kita berharap proyek-proyek strategis di Jambi dapat segera selesai. Utamanya terhadap proyek-proyek yang sangat dimungkinkan untuk pengembangan ekonomi masyarakat kita, masyarakat jambi, seperti Pelabuhan Ujung Jabung yang diharapkan segera terealisasi,” ucap Hasan di Jambi, Senin (12/10/2020).

Ia menegaskan, masyarakat Jambi sudah sangat membutuhkan akses pelabuhan. Selama ini untuk mengeluarkan hasil produksi dari Provinsi Jambi, masyarakat harus melewati provinsi lain. “Ada dari Dumai, ada lewat ke Teluk Bayur. Malah ada sampai ke Belawan seperti misalnya hasil batu bara, sawit, karet dan sebagainya. Kita harapkan ini semua mendapat dukungan dari pemerintah pusat,” harap hasan.

Diakui Hasan, pandemi Covid-19 yang berkepanjangan telah berdampak pada program-program pembangunan infrastruktur, seperti adanya hambatan dukungan anggaran. Ia berharap pandemi ini segera berakhir, dan program-program yang telah direncanakan bisa kembali berjalan.

Di sisi lain, Politisi Fraksi Partai Golkar juga mengapresiasi dukungan yang diberikan pemerintah pusat terhadap perkembangan di Provinsi Jambi. Terutamanya terhadap program-program infrastruktur yang digalakkan di Jambi.

“Dukungan pemerintah pusat terhadap pembangunan infrastruktur di Provinsi Jambi cukup bagus. Kita juga mengharapkan ada berapa hal yang sangat strategis yang bisa menjadi perhatian pemerintah pusat. Terutama pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung dapat segera diselesaikan dan anggarannya bisa diperbesar.

Sebagaimana diketahui bahwa pada Bulan September 2020 yang lalu, Pemerintah dan DPR RI telah melakukan pembahasan APBN tahun anggaran 2021. Pada kesempatan rapat-rapat pembahasan APBN tersebut, Komisi V DPR RI meminta kepada Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, BMKG dan Basarnas agar mempercepat pembangunan infrastruktur demi mendukung konektivitas dan ketahanan pangan di masyarakat.

“Komisi V DPR RI juga meminta pemerintah agar memperluas alokasi dan titik sebaran program pembangunan infrastruktur padat karya yang dapat membantu pemulihan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Infrastruktur yang dibangun harus mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja lokal di setiap daerah,” pungkasnya.

Loading...

Comment

Berita Terkait: