by

Kebakaran Kapal di Galangan Kapal PT. Waruna Shipyard Indonesia

Medan, Libassnews.com – Kapal yang tengah mendapat perbaikan di galangan kapal di Belawan, Medan, terbakar, Senin pagi (11/5/2020).

Upaya pemadaman masih berlangsung, sedangkan korban jiwa belum diketahui.

Kapal yang terbakar yakni MT Jag Leela. Kapal tangker ini sedang mendapat perawatan atau docking di galangan kapal milik PT Waruna Nusa Sentana Shipyard. Api kemudian menjalar ke kapal lain yang ada di sebelahnya.

Berdasarkan informasi dihimpun, kobaran api dan kepulan asap hitam tebal membumbung tinggi dari lokasi kebakaran mulai sekitar pukul 8.30 Wib. “Asap tebal terlihat dari belakang kapal dan api juga besar terlihat. Juga ada beberapa kali ledakan,” kata Azmi, warga sekitar.

Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan menerjunkan belasan mobil pemadam ke lokasi untuk memadamkan api. Sejumlah kapal juga melakukan pemadaman dari sisi laut.

“Yang terbakar kapal tanker Jag Leela yang lagi perbaikan di dok PT Waruna, Belawan. Kebakaran terjadi sekitar pukul 08.30 Wib tadi pagi. Kami dari Damkar Kota Medan mengerahkan 10 unit armada, didukung armada PT Pelindo I, TNI AL, dan Pol Air Belawan,” kata Kadis P2K Kota Medan, Albon Sidauruk.

Belum diketahui ada tidaknya korban jiwa dalam peristiwa itu. Beredar informasi sejumlah pekerja terjebak di dalam kapal, sedangkan beberapa lainnya mengalami luka bakar dan telah dilarikan ke rumah sakit. Namun kabar ini belum terkonfirmasi.

“Hingga saat ini belum padam tapi sudah terkendali, korban jiwa belum ada informasi,” katanya.

Upaya pemadaman masih berlangsung. Kejadian ini membuat panik warga sekitar, terutama yang bertempat tinggal di Kompleks Navigasi, sebelah galangan kapal. Sejumlah warga mengungsi karena takut rumahnya terbakar. Jalan menuju lokasi juga macet.

Adapun Kronologis kejadian kebakaran sbb :

  1. Pukul 08.20 WIB Telah terjadi ledakan yang sangat keras dari dalam kapal MT Jag Leela yang sedang Docking sehingga mengakibatkan kebakaran, dugaan sementara karena korsleting listrik.
  2. Pukul 08.30 WIB Penanggulangan pemadaman kebakaran dilakukan oleh Kapal Pandu PT. Pelindo l Belawan dan Kapal Pandu PT. Waruna Shipyard lndonesia +- 10 (sepuluh) Kapal dan untuk penanggulangan dari darat 5 (lima) unit Mobil Damkar Dinas Pencegahan Kebakaran Kota Medan, 3 (tiga) Unit Damkar PT Pelindo I Belawan, 1 unit Damkar Lantamal I Belawan dan 1 (satu) Unit Damkar PLTU Canang.

  3. Sampai dengan saat ini api masih membakar muatan Kapal bermuatan minyak hitam dan cukup sulit untuk dipadamkan. Penananggulangan kebakaran masih terus dilakukan.

Adapun kerugian :

  1. Korban Jiwa belum diketahui pasti, namun sampai dengan saat ini berjumlah 8 (delapan) orang yakni mengalami Luka bakar, Patah tulang dan Gangguan pernafasan dan sudah di evakuasi ke RS terdekat menggunakan ambulance dari Pelindo I, Lantamal I Belawan, Dinas Kesehatan Medan dan Polres Belawan.
  2. Kerugian materil belum dapat diperkirakan, namun 1 (satu) Unit Kapal MT Jag Leela terbakar.

Bantuan penanggulangan:

  1. Kurang lebih 10 Unit kapal tunda melakukan penyemprotan menggunakan air laut dari PT. Pelindo l Belawan dan PT. Waruna

  2. Mobil damkar milik Pemprovsu melakukan penyemprotan dari darat kurang lebih 10 Unit.

Loading...

Comment

Berita Terkait: